Selasa, 28 Oktober 2014

Peraturan KRT 2014

Peraturan Karapan Robot Trunojoyo (KRT)

PENDAHULUAN


Peraturan KRT 2014 adalah kesepakatan antara pihak Panitia (Pengkonsep Teknis) dengan dewan juri. Peraturan yang ditetapkan oleh Panitia KRT tersebut bersifat mutlak. Pada panduan ini dibahas mengenai hal-hal yang dirasa penting untuk dijelaskan dan ditekankan sebelum acara perlombaan diselenggarakan.


PERATURAN UMUM

1.   Peserta berstatus Siswa atau Mahasiswa dari seluruh Indonesia

2.   Masing-masing tim terdiri 2 orang peserta dan 1 mekanik dalam 1 tim
3.   Robot dan perlengkapan atau tools disiapkan oleh masing-masing peserta.

4.   Kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah acara perlombaan berlangsung bukan menjadi tanggung jawab panitia.
5.   Peserta tidak boleh mengotori atau merusak arena pertandingan.

6.   Robot tidak diperbolehkan mengunakan system kendali dari luar (pairing bluetooth, atau wifi data transfer).
7.  Bagi peserta yang berasal dari institusi atau sekolah yang sama tidak diperbolehkan menggunakan robot yang sama.




\




SPESIFIKASI ROBOT :

1.   Panjang maks : 20 cm

2.   Lebar maks : 20 cm

3.   Tinggi maks : 15 cm

4.   Robot yang digunakan harus buatan sendiri, tidak boleh menggunakan kit robot buatan industri.
5.   Sensor yang digunakan adalah kategori sensor optic (photodiode, phototransistor, dll), penggunaan sensor yang sudah terintegrasi (transmitter dan receiver dalam satu kit buatan pabrik) tidak diperbolehkan.
6.   Panitia tidak bisa menjanjikan lapangan bebas dari interferensi cahaya dari luar, misalnya lampu blitz kamera, lampu sorot ruangan atau cahaya lain dari luar ruangan. Merupakan tugas peserta untuk menyesuaikan desain robotnya terhadap kemungkinan interferensi cahaya tersebut.
7.   Tegangan baterai maksimal 12 V dengan toleransi 20 %.



SAAT PERTANDINGAN :

1.   Sebelum melakukan pertandingan, setiap tim wajib melakukan cek dimensi dan cek tegangan baterai. Kemudian setelah melakukan cek dimensi robot harus diletakkan di meja teknis hingga pertandingan dimulai.
2.   Robot berada di dalam garis kotak Start lintasan sebelum aba-aba mulai.

3.   Sistem perlombaan adalah Battle dengan adu kecepatan.

4.   Saat start tidak diperkenankan memberikan bantuan berupa dorongan kepada robot.

5.   Robot harus bisa mengikuti Track yang sudah dibuat panitia.

6.   Wajib melewati Checkpoint yang telah ditentukan.

7.   Dalam satu kali lomba total waktu yang diberikan adalah 5 menit dengan waktu persiapan.

8.   Start ulang diperbolehkan jika peserta menginginkan Retry.

9.  Jumlah Retry tidak dibatasi.

10. Pada saat Retry yang dapat mengambil robot hanya 1 orang saja (Driver Robot).

11. Pass boleh dilakukan kapan saja, namun pass tidak diperbolehkan saat robot masih bisa berjalan dengan baik pada Track.
12. Robot dinyatakan Finish, apabila telah berada pada Finish Area dan disah kan oleh wasit pertandingan.
13. Dilarang mengganti baterai dan suku cadang pada saat pertandingan sedang berlangsung.

14. Peserta tidak boleh menutupi robot dengan mengunakan bagian tubuh peserta.

15. Peserta dilarang mengganggu jalannya robot lawan pada saat pertandingan berlangsung.

16. Penonton dan Pembina dilarang memasuki area dan berkomunikasi dengan peserta pada saat petandingan berlangsung.
17. Peraturan dapat berubah sesuai ketentuan panitia.
18. Keputusan wasit tidak bisa diganggu gugat.



SESUDAH PERTANDINGAN :

1.   Peserta dapat mengambil robotnya dari lintasan dan menjaganya.

2.   Peserta diharuskan melakukan jabat tangan terhadap wasit dan tim lawan sebagai tanda Fair Play


SISTEM PERTANDINGAN & PENJUARIAN

Start dilakukan dengan 4 robot sekaligus. Start dimulai pada garis start yang telah disediakan panitia. Robot dianggap finish, jika terdapat salah satu bagian dari robot menyentuh garis Finish dan di sahkan oleh wasit. Waktu maksimal satu kali pertandingan 4 menit dan 1 menit untuk persiapan. Bila waktu telah habis dan belum ada robot yang mencapai garis finish, maka pemenangnya adalah robot yang menempuh jarak terjauh. Pemanggilan peserta dilakukan 3 kali pemanggilan dan jika setelah pemanggilan ke 3 peserta belum datang maka peserta diaanggap kalah atau mengundurkan diri.


v  Babak penyisihan group

Pada babak penyisihan, akan dibagi menjadi beberapa group dan setiap peserta pada masing-masing group berhak melakukan trial sebanyak 2 kali dan akan diambil beberapa tim dari masing-masing group untuk lolos ke babak selanjutnya.

v  Babak penyisihan 16 besar

Pada babak 16 besar, sistem pertandingan sama seperti pada Babak penyisihan group. Hanya saja dari beberapa tim yang lolos ke babak penyisihan 16 besar tidak lagi dalam bentuk group. Dan masih sama berhak melakukan trial sebanyak 2 kali.

v  Babak 8 besar

Pada babak 8 besar, akan dipertandingkan 2 robot dengan sistem batle. Dan 2 kali pertandingan, jika seimbang akan dipertangkan satu kali pertandingan lagi.

v  Babak Semifinal dan final
Pada babak Semifinal dan Final, sama seperti babak 8 besar.


PENILAIAN

Secara umum penilaian dilakukan dengan menghitung waktu tercepat yang dibutuhkan peserta untuk menyelesaikan track hingga finish. Jika seluruh peserta yang bertanding pada pertandingan itu tidak dapat menyelesaikan track dalam waktu yang telah diberikan, maka penentuan pemenang dihitung dari jarak terjauh yang telah ditempuh masing-masing peserta. Pada setiap pertandingan akan selalu di perhatikan penalty yang dilakukan oleh peserta dalam perlombaan.
Sedangkan penilaian untuk Best design atau desain terbaik adalah dari peserta yang lolos pada babak 8 besar.


PERATURAN TEKNIS

1.   Hukuman pinalti terjadi karena beberapa factor ;

Ø  Mendorong robot pada saat Start.

Ø  Mengambil robot saat berlomba tanpa mengucap Retry atau “meng-angkat Tangan.

Ø  Mengambil robot saat berlomba tanpa izin wasit.

Nb :  Pinalti selama 5 detik sebelum memulai lomba.


Jika robot selesai terkena pinalti robot diperbolehkan untuk berjalan kembali pada checkpoint terakhir, atau dari start awal.
2.   Bila robot mengalami kesalahan teknis, peserta diperbolehkan memperbaiki robot tanpa mengganti suku cadang atau memperbarui program dan robot akan melanjutkan pertandingan dari checkpoint terakhir, atau start awal.
3.   Pertandingan selesai, apabila waktu bertanding telah selesai atau semua robot telah mencapai garis finish.

4.   Wasit berhak memberikan diskualifikasi peserta dari pertandingan, jika peserta tidak mematuhi tata tertib dan jalannya pertandingan.
5.   Hal-hal yang belum ditentukan, akan ditentukan kemudian sesuai dengan ketentuan panitia .
6.   Saat pertandingan peserta memakai kaus kaki dan tidak boleh memakai alas kaki dalam bentuk apapun yang dapat merusak track (sandal, sepatu, dll).
7.   Robot tidak dikendalikan oleh wasit.



CATATAN UMUM :

1.   Bila ada peraturan yang belum tercover pada panduan ini yang menyebabkan terjadi kesalahan-interpretasian baik sebelum maupun selama pertandingan, maka juri berhak memberikan / menentukan peraturan yang sesuai.
2.   Robot harus dapat mengantisipasi seluruh kemungkinan gangguan yang ada di lapangan pertandingan tidak terkecuali Flash (blitz), system autofocus kamera, medan magnet speaker, cahaya lampu sorot Halogen, teriakan dan tepuk tangan penonton, music yang keras, ketidak-presisian penyusunan konfigurasi lapangan dan penempatan kelengkapan- kelengkapan lapangan oleh panitia lapangan, orientasi lapangan yang memungkinkan
saja bergeser, dan lain-lain.

3.   Agar mempermudah panitia / penonton / peserta / media massa dalam pengenalan robot, untuk keperluan dokumentasi ataupun peliputan maka pada robot diharuskan terpasang stiker / tanda pengenal masing masing (unik). Letaknya sebaiknya yang mudah terlihat
/ terbaca dari atas maupun dari kejauhan.

4.   Peserta dilarang melengkapi robotnya dengan sistem Radio Frekuensi (RF) / pemancar - penerima apapun. Panitia berhak untuk memeriksa robot peserta baik sebelum ataupun sesudah pertandingan.
5.   Panitia berupaya untuk meminimalisir segala bentuk gangguan yang disengaja baik oleh peserta maupun penonton dalam mendukung pertandingan yang fair. Kecurangan apapun akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku atau dikenakan sanksi sesuai dengan yang diputuskan oleh dewan Juri.
6.   Peserta harus dapat menunjukkan Spirit of the Game yang baik dan sikap Fair play.

7.   Peserta harus mematuhi Juri, Wasit dan Peraturan yang berlaku.

Silahkan download disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar